Agen Susu Bubuk Kedelai, Agen Wedang Uwuh, Minuman Segar Cincau Hijau emai : ediblog7@gmail.com -V- TERIMAKASIH SUDAH JADI MITRA KAMI

Sabtu, 29 September 2012

Proposal teknik (BOSTER REM)


             A.   PENDAHULUAN
1.         Latar Belakang Masalah
            Dunia otomotif tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari.Salah satunya rem booster yang merupakan alat bantu yang sangat mudah dan biasa kita pakai. Booster rem adalah alat atau komponen rem yang berfungsi untuk memperingan daya pengijakan pedal rem. Oleh karena itu kita setidaknya mengetahui baik sekedar prinsip dasar cara kerjanya maupun sampai detail komponen – komponen utamanya pada rem boster.
            Dengan kita mengetahui prinsip dasar dan cara kerja dari rem booster, setidaknya kita dapat memperbaiki sendiri apabila ada gangguan dengan rem booster yang kita pakai. Untuk menunjang pemahaman dan pembelajaran kita tentang rem boster khususnya pada mobil, maka dalam pembuatan Tugas Akhir ini kami akan membahas mengenai “Perancangan Media Pembelajaran Booster Rem.
Booster rem bekerja berdasarkan kevakuman, dimana kevakuman ini diambil dari intake manifold ( saluran masuk) yaitu dengan memasangkan sebuah selang dari booster rem ke intake manifold.
1.            Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah yang dapat dirumuskan adalah bahwa, booster rem dapat dipasang menjadi satu dengan master silinder, tetapi ada juga yang dipasang terpisah. Memperlihatkan salah satu model boster rem yang menggunakan kevacuman mesin untuk menambah tekanan hidrolik.
Bila pedal rem ditekan maka tekanan silinder hidrolik membuka sebuah katup, sehingga bagian belakang piston mengarah ke luar .Adanya perbedaan tekan antara bagian depan dan belakang piston mengakibatkan torak terdorong ke depan. Bagian depan piston yang menghasilkan tekanan yang tinggi ini dihubungkan dengan torak pada master silinder. Bila pedal dibebaskan, katup udara akan menutup dan berhubungan lagi dengan intake manifold. Dengan terjadinya kevacuman yang sama pada kedua sisi piston, tegangan pegas pembalik mendesak piston ke posisi semula.   
2.            Batasan Masalah
        Untuk memfokuskan dan memudahkan dalam pembuatan berbagai analisis dan pertimbangan disamping itu juga untuk menghindari kemungkinan adanya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi akibat kurangnya pengalaman dan keterbatasan pengetahuan penulis dari masalah pokok, maka perlu dikemukakan terlebih dahulu batasan-batasan yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam perancangan rem booster. Perancangan Media Pembelajaran Boster Rem ini akan dibatasi pada beberapa permasalahan saja, antara lain :
1.      Jenis Rem yang digunakan. 
2.      Rem yang dibuat menunjukan proses kerja dari komponen dalam boster rem, dengan menggunakan indicator cat.
3.            Tujuan Perancangan
         Tujuan dari pembuatan perancangan media pembelajaran boster rem ini       adalah sebagai berikut :
a.       Sebagai salah satu media pembelajaran prinsip kerja boster rem dan perawatan-perbaikan otomotif.
b.      Membuat perancangan media pembelajaran boster rem  yang praktis, efektif, dan efisien.
c.       Memperbanyak ide kreatif dalam pembuatan media pembelajaran.
d.      Untuk memperoleh media pembelejaran yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan kuliah bagi mahasiswa.
     4.      Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari pembuatan perancangan ini adalah:
a.       Bagi mahasiswa :
1)      Mengetahui komponen – komponen yang ada pada mesin boster rem pada mobil.
2)      Memberikan motifasi kepada para mahasiswa untuk mengembangkan dan memahami, serta lebih kreatif dalam segala hal.
3)      Untuk menerapkan teori-teori yang didapat dibangku kuliah secara praktis dan keadaan sebenarnya dilapangan serta sebagai landasan dan bekal dalam menghadapi pekerjaan nantinya.
b.      Bagi dunia pendidikan :
1)      Sebagai alat pembelajaran sistem kerja boster rem dan perawatan- perbaikan otomotif.
2)      Mempermudah dalam pengenalan rangkaian boster rem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar