A.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Dunia otomotif tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari.Salah satunya rem booster yang merupakan alat bantu yang sangat mudah dan biasa kita pakai. Booster rem adalah alat atau komponen
rem yang berfungsi untuk memperingan daya pengijakan pedal rem. Oleh karena itu kita setidaknya mengetahui baik
sekedar prinsip dasar cara kerjanya maupun sampai detail komponen – komponen
utamanya pada rem boster.
Dengan kita mengetahui prinsip dasar dan cara kerja dari rem booster, setidaknya kita dapat memperbaiki sendiri apabila ada gangguan dengan
rem booster yang kita pakai. Untuk menunjang pemahaman dan pembelajaran kita
tentang rem boster khususnya pada mobil, maka dalam pembuatan Tugas Akhir ini
kami akan membahas mengenai “Perancangan
Media Pembelajaran Booster Rem”.
Booster rem bekerja berdasarkan kevakuman, dimana kevakuman ini diambil dari intake manifold ( saluran masuk)
yaitu dengan memasangkan sebuah selang dari booster
rem ke intake manifold.
1.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah
yang dapat dirumuskan adalah bahwa,
booster rem dapat dipasang menjadi satu dengan master
silinder, tetapi ada juga yang dipasang terpisah. Memperlihatkan salah satu
model boster rem yang menggunakan kevacuman mesin untuk menambah tekanan hidrolik.
Bila pedal rem ditekan maka tekanan silinder
hidrolik membuka sebuah katup, sehingga bagian belakang piston mengarah ke luar
.Adanya perbedaan tekan antara bagian depan dan belakang piston mengakibatkan torak terdorong ke
depan. Bagian
depan piston yang menghasilkan tekanan yang tinggi ini dihubungkan dengan torak pada
master silinder. Bila pedal dibebaskan, katup udara akan menutup dan berhubungan lagi
dengan intake manifold. Dengan terjadinya kevacuman yang sama pada kedua sisi piston, tegangan pegas
pembalik mendesak piston ke posisi semula.
2.
Batasan
Masalah
Untuk
memfokuskan dan memudahkan dalam pembuatan berbagai analisis dan pertimbangan
disamping itu juga untuk menghindari kemungkinan adanya
penyimpangan-penyimpangan yang terjadi akibat kurangnya pengalaman dan
keterbatasan pengetahuan penulis dari masalah pokok, maka perlu dikemukakan
terlebih dahulu batasan-batasan yang nantinya akan digunakan sebagai dasar
dalam perancangan rem booster. Perancangan Media Pembelajaran Boster Rem ini akan
dibatasi pada beberapa permasalahan saja, antara lain :
1.
Jenis Rem yang digunakan.
2.
Rem yang dibuat menunjukan proses
kerja dari komponen dalam boster rem, dengan menggunakan indicator cat.
3.
Tujuan
Perancangan
Tujuan dari
pembuatan perancangan media
pembelajaran boster rem ini adalah
sebagai berikut :
a.
Sebagai salah satu media
pembelajaran prinsip kerja boster rem dan perawatan-perbaikan otomotif.
b.
Membuat perancangan media
pembelajaran boster rem yang praktis, efektif,
dan efisien.
c.
Memperbanyak ide kreatif dalam
pembuatan media pembelajaran.
d.
Untuk memperoleh media
pembelejaran yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan kuliah bagi mahasiswa.
4.
Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari pembuatan perancangan ini adalah:
a.
Bagi mahasiswa :
1)
Mengetahui komponen – komponen
yang ada pada mesin boster rem pada mobil.
2)
Memberikan motifasi kepada para
mahasiswa untuk mengembangkan dan memahami, serta lebih kreatif dalam segala hal.
3)
Untuk menerapkan teori-teori yang
didapat dibangku kuliah secara praktis dan keadaan sebenarnya dilapangan serta
sebagai landasan dan bekal dalam menghadapi pekerjaan nantinya.
b.
Bagi dunia pendidikan :
1)
Sebagai alat pembelajaran sistem
kerja boster rem dan perawatan- perbaikan otomotif.
2)
Mempermudah dalam pengenalan
rangkaian boster
rem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar